Cara Penulisan Artikel yang Baik untuk Blogger Pemula dengan Teknik Piramida

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Bagaimana cara penulisan artikel yang baik untuk blogger pemula? Di internet, mudah sekali menemukan konten berupa artikel. Namun, tidak sedikit pula yang memiliki isi amburadul. Tentunya, hal itu justru membuat warganet jengah dan enggan berkunjung kembali. Sehingga, bagi para blogger baru, sebaiknya menerapkan metode penulisan teknik piramida dalam membuat konten.

Mengenal Teknik Piramida Terbalik untuk Penulisan Konten

Teknik piramida terbalik (inverted pyramid) merupakan metode penulisan artikel yang terbaik. Seperti apa susunan teknik penulisan tersebut?

1.      5W + 1H [Bagian Terpenting Informasi]

Dalam teknik inverted pyramid, justru bagian terpenting dari informasi dari artikel diletakkan di bagian awal. Konsep penulisannya pun harus memenuhi 5W + 1H : Who (Siapa), What (Apa), When (Kapan), Where (Di mana), Why (Mengapa), How (Bagaimana). Bagian ini disampaikan dalam susunan kalimat yang padat, semacam ringkasan berita.

2.      Detail Informasi

Setelah bagian pembuka memenuhi semua unsur tersebut, barulah penulisan artikel dapat dilanjutkan ke tahap pemberian detail informasi. Anda bisa mengembangkan 5W + 1H dengan memberikan detail selengkap-lengkapnya untuk masing-masing topik.

3.      Informasi Tambahan

Untuk bagian akhir artikel, Anda bisa memberikan informasi pendukung tambahan. Seperti sumber maupun kesimpulan atau hal-hal yang relevan dengan informasi yang diberikan.

Ketika Anda pertama kali mempraktikkan cara penulisan artikel yang baik untuk blogger pemula di atas, mungkin agak kesulitan. Namun dengan praktik secara rutin, lama kelamaan pasti akan terbiasa.

Mengapa Harus Menulis Artikel dengan Teknik Piramida

Tidak sedikit yang mengabaikan teknik penulisan sebuah konten artikel karena merasa hal tersebut tidak penting. Mereka hanya peduli bagaimana menghasilkan keyword yang ampuh untuk menembus algoritma mesin pencari sehingga blog mereka dapat berada di posisi teratas. Padahal, cara penulisan artikel yang salah dapat berdampak konten dianggap sebagai spam.

Ketika sebuah konten sudah dianggap spam oleh mesin pencari, maka bukan mustahil kemungkinan untuk blacklist berada di depan mata. Sebab itu, penting untuk menghasilkan artikel konten yang baik menggunakan teknik piramida. Berikut deretan manfaat dalam pengaplikasian inverted pyramid dalam artikel :

  • Menaikkan kualitas konten yang dihasilkan di mana poin tersebut turut menjadi pertimbangan rangking dalam algoritma mesin pencari.
  • Konten yang bagus, terutama artikel, lebih mudah dalam menaikkan traffic atau lalu lintas pengunjung. Tidak hanya mengandalkan mesin pencari, blog Anda juga dapat menyebar melalui rekomendasi orang-orang yang sudah pernah mengunjunginya.
  • Google Adsense sebagai employer di internet sangat menyukai konten yang bagus. Dengan menghasilkan artikel-artikel bermutu, pendaftaran blog Anda pada Google Adsense bisa lebih mudah.

Banyak sekali bukan keuntungan yang didapatkan dari cara penulisan artikel yang baik untuk blogger pemula di atas? Yuk, mulai dari sekarang, menulis konten artikel yang bermutu.

Salam Sang Pemula !!

pemula

pemula

Leave a Comment

About Me

Jasa Pembuatan Website dan Dekstop Aplikasi.

Emai: setomenggolo87@gmail.com

Neswlatter