Rekomendasi Pemakaian Plugin yang Efektif untuk Blogger Pemula

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Mengapa pemakaian plugin yang efektif untuk blogger pemula diperlukan? Tidak banyak blogger baru yang menyadari betapa pentingnya pemasangan plugin dalam blog yang dimiliki. Bicara soal plugin yang efektif sekaligus mudah untuk digunakan, Jetpack, Yoast SEO, dan WP Smush merupakan tiga plugin yang paling direkomendasikan. Apa kelebihan kedua plugin tersebut?

Plugin Jetpack

Bisa dibilang, Jetpack adalah induk dari segala plugin karena memiliki fitur terlengkap. Lebih dari 30 fitur disematkan dalam plugin yang satu ini. Instalasinya pun sangat mudah :

  1. Masuk ke dashboard blog—dalam hal ini WordPress.
  2. Kemudian pilih menu ‘Plugins’, klik ‘Add New’.
  3. Ketik ‘Jetpack’ di kolom pencarian.
  4. Ketika sudah menemukan plugin yang dimaksud, klik ‘Install Now’.

Fitur-fitur utama yang paling digemari dari Plugin Jetpack yaitu :

  • Site Stats Plus : dari pemakaian plugin yang efektif untuk blogger pemula yang satu ini, Anda bisa mendapatkan laporan terperinci perihal statistik pengunjung blog.
  • Komentar dan Berlangganan : melalui plugin Jetpack, blog Anda akan memiliki kolom comment and subscribe yang sederhana namun fungsional.
  • Social Sharing : dengan adanya dukungan dari plugin Jetpack, social sharing atau berbagi halaman maupun konten ke jejaring sosial akan lebih mudah.

Plugin Yoast SEO

Plugin kedua yang juga sangat direkomendasikan untuk dipasang di blog pribadi dari platform WordPress adalah Yoast SEO. Yoast sendiri unggul dalam perolehan rating sebagai plugin tambahan terbaik untuk blog. Untuk menginstalasinya tidak berbeda dengan penambahan plugin pada umumnya. Adapun fitur-fitur yang ditawarkan Yoast SEO antara lain :

  • GZIP Compression : fitur ini memungkinan kompresi fail yang diunggah sehingga ukurannya tidak terlalu berat.
  • Multilingual Compatibility : di mana menghasilkan dukungan banyak bahasa untuk blog Anda.
  • Google Fonts Optimization : pemakaian plugin yang efektif untuk blogger pemula ini menghadirkan fitur penyesuaian font konten dengan jenis yang digemari oleh mesin pencari.

Plugin WP Smush

Terakhir, plugin yang tidak boleh sampai ketinggalan adalah WP Smush. Khusus plugin yang satu ini selalu dianggap sebagai pesaing berat dari Yoast SEO. Dari segi instalasi, tidak ada yang berbeda.

Sedangkan untuk fitur, WP Smush memang sangat SEO minded. Plugin ini fokus agar penyajian konten menjadi lebih menarik.

WP Smush memiliki fitur unggulan yaitu kompresi fail yang mampu menghasilkan konten dengan ukuran lebih ringan namun tidak mengurangi resolusinya. Tentu hal ini sangat membantu untuk blog yang fokus pada unggahan tutorial.

WP Smush juga mengatur agar konten memenuhi kaidah SEO dengan sempurna. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemakaian plugin yang efektif untuk blogger pemula sangat penting, bukan?

Dengan menambahkan ketiga plugin di atas, blog Anda bisa memiliki tampilan yang lebih rapi dan lengkap di mana tentu sangat memuaskan bagi pengunjung.

 

Salam Sang Pemula

pemula

pemula

Leave a Comment

About Me

Jasa Pembuatan Website dan Dekstop Aplikasi.

Emai: setomenggolo87@gmail.com

Neswlatter