4 Tips Memilih Web Hosting yang Tepat untuk Blogger Pemula

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Web hosting merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi suatu website. Apabila web hosting yang Anda miliki cukup berkualitas, maka website Anda bisa tidak mudah down. Namun, apabila web hosting Anda tidak berkualitas, bisa jadi website Anda susah untuk diakses pengunjung. Anda perlu memerhatikan pemilihan hosting yang tepat untuk blogger pemula.

Tips Memilih Web Hosting yang Tepat

Ada berbagai parameter yang diperlukan untuk dapat menentukan kualitas sebuah web hosting. Lantas, apa saja tips 1memilih hosting yang tepat supaya website tidak mudah down?

1.     Bandwidth

Apabila Anda sering menggunakan internet, pasti Anda sering mendengar kata bandwidth. Sebenarnya, apa sih itu bandwidth? Sederhananya, bandwidth adalah jumlah data yang dapat di-download oleh pengunjung website Anda.

Misalnya, Anda memilih web hosting dengan bandwidth sebesar 2GB setiap bulannya. Nah, apabila rata-rata ukuran konten website Anda sekitar 100kB, maka website Anda bisa diakses oleh 20.000 pengunjung setiap bulannya.Ditambah dengan bandwidth yang Anda gunakan untuk mengakses halaman admin website Anda.

2.     Disk Space

Intinya, web hosting itu berfungsi untuk menyimpan konten website. Pada prinsipnya, web hosting memiliki fungsi yang hampir sama dengan harddisk. Semakin banyak kapasitas disk space, maka website atau blog Anda dapat menyimpan lebih banyak konten.

Ada berbagai kapasitas space yang ditawarkan, yaitu sekitar 500mB, 1GB, 2GB, dan lain-lain. Apabila Anda menemukan disk space dengan kapasitas unlimited, sebenarnya itu tidak benar-benar unlimited. Logikanya, penyimpanan data pasti ada batasnya.

Maksud dari unlimited disk space adalah kapasitas penyimpanan akan terus ditambah oleh pihak hosting. Jadi, kesannya seolah-olah web kapasitas hosting Anda tidak terbatas.

3.     Gratis Domain

Banyak web hosting yang menyediakan gratis domain untuk paket web hosting tertentu. Nah, alangkah baiknya untuk memilih paket web hosting dengan tambahan gratis domain. Anda jadi tidak perlu repot untuk membeli domain lagi.

Selain itu, harga yang ditawarkan akan lebih terjangkau daripada Anda harus membeli domain yang jika dijumlahkan kemungkinan akan lebih mahal. Nah, maka dari itu sebaiknya Anda mencari web hosting yang sudah gratis domain.

4.     Gratis SSL

Di zaman sekarang, SSL memiliki fungsi yang sangat penting bagi suatu website. SSL erat kaitannya dengan keamanan. Apabila Anda ingin membuat website dengan tujuan komersial, maka Anda sangat disarankan untuk menggunakan SSL.

Dengan adanya SSL, maka data pribadi Anda maupun pengunjung website akan lebih terjaga sehingga mereka memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap Anda maupun website Anda. Selain untuk keamanan, SSL juga cukup berpengaruh dalam hal SEO.

Mesin pencari, terutama Google sangat suka dengan website yang memiliki SSL. Google pasti akan memberikan peringkat yang tinggi terhadap website dengan SSL dibandingkan website tanpa SSL.

Nah, itulah beberapa tips memilih web hosting yang tepat untuk blogger pemula. Biasanya, kebanyakan blogger pemula mencari web hosting yang murah tanpa memikirkan kualitas. Akibatnya, website atau blog mereka susah untuk diakses karena sering down. Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi pada Anda,

 

Salam Sang Pemula !!

pemula

pemula

Leave a Comment

About Me

Jasa Pembuatan Website dan Dekstop Aplikasi.

Emai: setomenggolo87@gmail.com

Neswlatter