Tutorial Membuat Blog Pemula Menggunakan WordPress Hanya Dalam 5 Menit

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Banyak sekali pengguna internet yang mencari tutorial membuat blog pemula menggunakan WordPress. Meskipun bagi sebagian orang mudah tanpa memerlukan panduan, namun ada pula yang telah praktik berkali-kali namun masih juga gagal. Lantas mengapa harus WordPress dan bagaimana cara membuat blog pada platform tersebut bagi para pemula?

Mengapa Harus WordPress?

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa banyak sekali platform blog terkenal yang dapat dijadikan pilihan selain WordPress. Namun mengapa WordPress tetap kokoh berada di posisi pertama berdasarkan jumlah penggunanya di seluruh dunia? Ada beberapa alasan :

  1. WordPress itu gratis karena tidak memungut biaya keanggotaan terhadap penggunanya.
  2. Jangkauan pengguna WordPress itu luas dan pengguna internet sangat familier dengan platform tersebut, jadi meningkatkan lalu lintasnya juga lebih mudah.
  3. Fasilitas yang ditawarkan WordPress itu lengkap.
  4. Pengelolaan WordPress sangat mudah.

Empat poin di atas, bisa dibilang hanya sekelumit kecil dari deretan keunggulan WordPress yang sebenarnya. Tapi dari situ saja, pasti sudah membuat Anda ingin sekali mempelajari cara membuat blog di WordPress, bukan?

Tahapan Mudah Membuat Blog di WordPress

Sebenarnya, membuat blog di WordPress itu mudah. Anda cukup mengikuti step by step di bawah ini :

  1. Masuk ke situs resmi WordPress. Pastikan Anda sudah memiliki akun e-mail sebagai syarat pembuatan blog. Jika belum, silakan lakukan pendaftaran lebih dahulu.
  2. Klik kolom yang bertuliskan ‘Create Website’.
  3. Anda bisa memiliki jenis WordPress Hosted (server dan domain disediakan oleh WordPress) atau Self-Hosted (di mana Anda perlu menyediakan domain secara manual).
  4. Selesaikan pengisian formulir pendaftaran. Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa pembuatan blog telah berhasil.
  5. Tutorial membuat blog pemula menggunakan WordPress selanjutnya adalah melakukan pengaturan di menu dashboard. Mulai dari tampilan—khususnya tema, widget, statistik dan lain-lain. Anda bisa mengaturnya sesuka hati.
  6. Jika sudah menyelesaikan semua pengaturan, Anda bisa langsung membuat konten.

Tips Mengatur WordPress Agar Menarik Minat Pengunjung

Setiap individu yang membuat blog, tentu bertujuan untuk berbagi sesuatu, baik fail, informasi, dan lain-lain. Tapi bagaimana jika Anda sudah membuat blog, telah mengunggah konten, namun sepi pengunjung? Tentunya Anda harus melakukan tindakan-tindakan agar lalu lintas blog yang dimiliki menjadi padat. Bagaimana caranya?

  • Sesuaikan antara pilihan template tema halaman blog Anda dengan topik yang diangkat. Contohnya Anda ingin khusus membahas tentang kultur Korea, gunakan template tema WordPress yang menunjang topik tersebut.
  • Buat konten yang kuat, terutama dari topik dan alur. Selain itu, pastikan menyisipkan keyword atau kata kunci yang berpengaruh pada algoritma mesin pencari dalam ranking pencarian halaman Anda.

Sederhana sekali bukan tutorial membuat blog pemula menggunakan WordPress? Jangan lupa pula untuk mendaftarkan blog yang dimiliki ke halaman Google Adsense agar Anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari aktivitas blogging Anda.

 

Salam Pemula !!

pemula

pemula

Leave a Comment

About Me

Jasa Pembuatan Website dan Dekstop Aplikasi.

Emai: setomenggolo87@gmail.com

Neswlatter