Tutorial Blogger Pemula Install WordPress Secara Offline Hanya Dalam 5 Menit

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Sedang mencari tutorial blogger pemula install WordPress secara offline yang mudah? Mayoritas blogger newbie hanya mengetahui cara untuk menginstal WordPress secara online. Padahal, ketika melakukan instalasi dengan metode demikian, bandwidth yang dibutuhkan sangat besar. Tidak jarang jaringan internet menjadi tidak dapat digunakan membuka situs lain. Merepotkan bukan?

Cara Mudah Install WordPress untuk Blogger Pemula

Untuk cara instalasi WordPress offline, metodenya adalah menggunakan Localhost atau server lokal di perangkat yang kita gunakan, bisa PC maupun laptop. Jadi, kita tidak perlu menggunakan domain atau hosting asli dari WordPress saat mengotak-atiknya. Bagaimana cara instalasinya?

  1. Unduh Localhost Xampp langsung dari website resminya, kemudian lakukan instalasi sesuai dengan instruksi.
  2. Setelah membereskan semua pengaturan Localhost Xampp, silakan unduh WordPress dari situs resminya juga.
  3. Setelah terunduh, jangan lupa mengekstraksi langsung failnya di folder Localhost Xampp agar mudah eksekusinya. Sebaiknya tetap namakan folder ekstraksi dengan WordPress, boleh saja mengganti namanya asal Anda mengingatnya.
  4. Aktifkan apache (localhost) disusul mysqly (database) di control panel Localhost Xampp.
  5. Selanjutnya buat database yang nantinya berfungsi untuk menyimpan arsip data WordPress Anda. Caranya, klik kolom ‘database’, selanjutnya isi nama dari database tersebut, terakhir cukup klik ‘create’.
  6. Setelah database siap, Anda perlu mengonfigurasikan fail WordPress di Localhost Xampp. Cari sebuah folder dengan nama ‘directory WordPress’.  Di dalamnya, terdapat fail ‘wp-config-sample.php’ yang harus diubah menjadi ‘wp-config.php’.
  7. Tahapan tutorial blogger pemula install WordPress secara offline selanjutnya adalah dengan klik fail yang baru saja diubah tadi. Isi kolom ‘username’, ‘password’, dan ‘database’ Anda. Simpan.
  8. Setelah selesai pengaturan di Localhost Xampp, baru Anda bisa mengakses WordPress yang telah siap. Anda akan diminta memilih bahasa, lalu mengisi ‘username’ dan ‘password’.
  9. Klik ‘instal WordPress’, maka tidak lama kemudian Anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa WordPress sukses terinstal di Localhost Xampp.
  10. Anda bisa mengakses dashboard WordPress kapan saja dari perangkat Anda secara offline.

Kenapa Harus Instalasi WordPress Secara Offline?

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya mengapa harus melakukan instalasi WordPress secara offline, bahkan merasa hal tersebut terlalu rumit. Namun, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika melakukan instalasi WordPress melalui Localhost Xampp tersebut :

  1. Anda tidak tergantung pada stabilitas jaringan internet ketika hendak mengunggah konten baru di WordPress atau sekadar mengotak-atik tampilannya.
  2. Instalasi WordPress di Localhost Xampp meringankan beban perangkat dibandingkan instalasi online.
  3. Data relatif lebih aman karena menggunakan hosting pribadi perangkat.

Jadi, cukup besar bukan keuntungan melakukan instalasi WordPress secara offline. Tidak perlu ragu lagi untuk menerapkan tutorial blogger pemula install WordPress secara offline ini. Ketika membacanya mungkin Anda merasa rumit, tapi bila langsung mempraktikkan akan berbeda rasanya.

Salam Pemula !!

pemula

pemula

Leave a Comment

About Me

Jasa Pembuatan Website dan Dekstop Aplikasi.

Emai: setomenggolo87@gmail.com

Neswlatter